Sunday, March 17, 2013

1st Trip to Mekkah & Madinah (part 2)

Setelah perjalanan yang tidak terlalu lama dari Jeddah.  Alhamdulillah, kami tiba di Mekkah. Maktab/tempat tinggal kami berjarak gk lebih 200 meter dari Masjidil Haram. Alhamdulillah, cukup jalan kaki 10 menit disertai windows shopping tiap berangkat dan pulang dari shalat jamaah. Memang maktab kami jalannya naik, tangganya juga lumayan bikin paha jadi kaku2 di hari2 pertama :D

Seminggu setelah kami sampai, kami berangkat untuk melaksanakan ibadah haji. Lebih jelasnya bisa di baca di sini.
Kami berangkat ke Arafah dengan bis. Berpakaian ihram, dan satu tas tenteng berisi pakaian ihram, dan perlengkapan untuk menginap dua malam (nafar Awal).

persiapan ke Arafah, tangganya lumayan kan??

suasana dalam tenda @ Arafah

di luar tenda Arafah, suhunya dinginnnnn

buah2an untuk jamaah

jatah makan di Arafah untuk Jamaah, lazis...

dapur umum, itu keran air panas (kanan) bisa u/ bikin kopi, teh, susu, mie instan. semua ada...Alhamdulillah

Setelah bermalam di Arafah kami melanjutkan perjalanan ke Mina, mabit dulu di Muzdalifah untuk ambil kerikil yang akan digunakan untuk lempar jumrah

Muzdalifah



Setelah ambil kerikil, kami melanjutkan perjalanan ke Mina, sampai di Mina hampir subuh. Sebenernya deket tapi karena antri jadinya lama. 
Tenda di Mina beda dengan di Arafah, kalo di Arafah jamaah laki-laki dan perempuan di pisah. Di Mina, tendanya campur dan juga campur dengan kloter lain. 

jamaah dari kloter medan, setenda

tenda Mina, campur #2005



Di Mina, kami melaksanakan lempar jumrah. Pertama di Jumrah Aqabah. Kemudian hari selanjutnya melontar secara berurutan, jumrah Ula, Wusta dan Aqabah. Dan hari ke tiganya juga sama Ula, Wusta dan Aqabah. Kemudian kami kembali ke Mekkah untuk melakukan Tawaf Ifadah sebagai rukun haji kami. 

Jamaah jalan menuju Jamarat

terowongan Mina

Mina di malam hari, dg Jamaah setempat

Jamaah menuju Aqabah




No comments:

Post a Comment