Tuesday, February 19, 2013

3 Days 2 Nights @ Singapore (part 2)


Day 1: 
tgl 2 Februari 2013, Berangkat dr apartemen jam 07:30 waktu Jakardah. Berhubung mobilnya gak cukup, saya, temen suami (baca:papi), istrinya temen suami (baca:mami), naik taksi. Apartemen kita di Kemayoran deket PRJ. Ke bandara Soeta masih mulus lancar gak macet dengan tarif argo normal, sampe bandara jebret bayar Rp. 100.000,- (gilakkk perasaan deket, kok maharani yeee???). Di mobil, sopir (temennya suami dr Bogor gk hapal jalan), suami saya (baca: ayah), Ansar and Mitha (suami istri), Tien (single lady). And sebenernya, saya milih taksi karenaaaa....... Mitha and Tien gak bisa kena AC, yup kaca musti di buka,...hadehhhh saya bisa kena migrain kalo bau asap kendaraan.... :(

Taksi kita nyape duluan,kok lama ni mobil gak dateng2,...sy bell si ayah,..ampun bannya kurang angin jadi musti brenti nambah angin dulu, and you know lah Jakardah, selisih menit ajah sudah macet..eng ing eng..... dan kita bertiga nunggu 30an menit sebelum tu mobil nyampe bandara,..ulalala.... :D
Kebeneran pulak, kita bertujuh belum sarapan, Ansar sudah kelaperan, kita makan deh di salah satu resto yang cukup lumayan kosong kursinya, ahhahahahaha...... Okeh, pesen2...nunggu lumayan lama (untung aja cek in jam 10an),... sambil chit chat ber alay2 dan menghabiskan sarapan yang maharani (again) #tepokdompetmakintipis.

Well, so kita cek in now,... Ansar, Mitha and Tien dari Singapore langsung ke Makassar, so mereka bawa semua koper and tentengan. Kita beli 3 x 15kg bagasi buat mereka, but... akhirnya kita pake bareng2, maklum koper masih slimmy :D
Let's go to the waiting room.... aha,..antri dulu di Imigrasi. Mata para ladies udah ijo liat toko2 berjejer, sadar...sadar...sadar.... (emang pingsan???).  Nah, sebelum masuk ruang tunggu, ada pos pemeriksaan lagi kan?... Tien kedapetan bawa botol air mineral 300ml yg dia beli di resto tadi, musti di tinggal, eits sayang,..kita habisin airnya rame2, aseeekkkk..hihihihi.. Si Mitha bawa gunting kuku pun harus di tinggal.... saya,Alhamdulillah lolos, padahal di dompet ada loh pemes (baca:pisau lipat mini), pisau lipat mini saya itu sudah lolos empat kali, meennn, 3x ke Arab, 1x ya ke Singapore ini.
waiting room @Soeta


Di ruang tunggu,selain nunggu,hihihii ya iyalahhh.... kita juga  poto2an,... Ansar bawa kamera SLR so dia jadi tukang potonya :D
And,..pesawat kita yang tadinya jam 11:20 berangkat, karena cuaca buruk (hujan guede plus petir) akhirnya delay sejam. Tien yang BB nya drop senang bukan kepalang, masih ad awaktu buat ngecharge di ruang tunggu, hihihihi..... Saya, yang parno ama turbulence rada kebat-kebit liat mendung yg rataaaaaaa bgt.

Dan setelah nunggu sejam, kita pun boarding. Bismillah... Saya mulai ciut nyali karena no seat saya 30 (paling buntut tut). Duh, pesawat ini beneran deh, goyangnya bikin jantung mpot-mpotan. Eh,...pas mo nyampe, tu di bawah dah keliatan kota Singapore. Lagi2,... tiba2 pesawatnya miring ke kiri dan turun,..kek naik mobil trus si sopir ngantuk en melenceng jalur.. Astaghfirullah.... (saya inget anak saya yang masih kecil di rumah, hiks)...
Alhamdulillah, acara landing cukup berhasil, karena saya gk bisa bilang smooth. Acara ndeso di mulai. Berhubung kami ber tujuh belum ada yang pernah k Singapore, bawaanya mau mejeng mulu, ampe gak nyadar kalo kita musti antri di imigrasi, belum lagi ambil bagasi, hadeeehhhhh...... Di imigrasi lumayan bo antrinya. Nah saya ampe lari2 tuh buat ke belt untuk ambil bagasi. Dan bener aja tuh belt udah ganti nomor penerbangan, hasyeeeekkkk..... Mulai deh saya and suami nanya2 ke petugasnya. Pada gak ngerti juga, untung suami nemu, koper2 kami sudah diturunkan dari belt, dan tergeletak dg sukses, tanpa ada petugas yang nungguin. Setelah kita ambil, gak ada juga petugas yang cek bagasi kita... ulala...gawat juga kalo ada yang nyolong or salah ambil gak bakal tahu. untung aja di Singapore :P
Sampai di luar, kita sudah di tunggu sama driver merangkap guide yang akan drop kita ke hotel. Mengejutkan,... saya pikir yang namanya guide masih muda, ternyata ... seumuran bapak saya, hiks..jd inget bapak deh. Orangnya ramah banget, padahal pesawat kita delay 1 jam lebih lo... Nama beliau Suleiman, saya panggil beliau Pak Suleiman/Leman. Dia sabar banget orangnya, kakeknya dulu orang Pekalongan, tahun 18... pindah ke Singapore, dan berlanjut terus sampai ke anak, cucu, cicit di Singapore. Tapi hebatnya Pak Leman ini bisa bahasa Indonesia dan Jawa dengan fasih lho.... Awesome!!

Well,...finally kami diantar ke hotel pake Maxi Cab (ni mobil mewah booo,...Merci) hihihihi... #maklumbelumpunyamerci.... Sambil jalan beliau nerangin tempat2 yang kita lewati (berhubung kami takjub dengan tata kota and asyik jepret2, info dari Pak Leman gak terlalu terperhatikan), tapi beliau dengan sabar menjawab pertanyaan2 kami yang kadang oon. hihihihiii....
Yang kami perhatikan adalah,.... restoran/warung makan muslim alias halal.... kami pasang telinga baik2 neh ...nyimakkkkk

Dalam Maxi Cab :)

Well, gak nyampe 30 menit dari Changi, kami sampai di Fragrance Emerald Hotel di Lorong 6, Geylang (bagi yang sering ke Singapore pasti tau, Geylang tu kawasan Red district alias banyak prostitusi). Pak Leman pesan buat para cewek, kalo mau jalan gak boleh sendiri. Musti wajib hukumnya, jalan rame2. Kalo tak,...tanggung sendiri akibatnya ;p
Hotel kami 8 lantai, kita dapet di lantai 8 (untung ada lift) :) hotelnya bersih, nyaman. Sayangnya gak dapet breakfast. Tapi kawasan Geylang ini berjejer resto/warung makan segala macam, sayangnya kebanyakan gk halal. Eits,... jangan kuatir, Pak Leman sudah kasih tau kita di Lorong 12 ada warung makan muslim buka 24 jam...haseeeekkkkk...... sabar2, nanti saya cerita ;p
Kita pesan 3 kamar, yup cuma 3 karena weekend jadi full ni hotel. terpaksa, saya sekamar dengan mami dan Tien, suami saya sekamar sama papi, nah yg beruntung Ansar dan Mitha, mereka bisalah honeymoon. Well, sebenernya formasi kita gak begini, tapi berhubung Mitha mabuk berat (udara, darat, AC) jadi biarlah sang suami yang ngerawat... hihihhihihii

Setelah bongkar muatan (ya ampun kek kargo aja), kami rest bentar, ngadem sebenernya.... mo tidur kok nanggung, saya terus terang lapar... hahahahha... ternyata, si ayah and papi telp ngajak keluar makan, huraaayyyy.... So kami berlima, minus Ansar and Mitha keluar cari makan... dudududuu....
Jalan ke Lorong 12 sekitar 5-10 menit, tergantung pake acara foto2 or window shopping or lempeng, jiakakakkaka..... Nah, ni resto tepat persis di pojokan jalan, Lorong 12 Geylang (booo,..Lorong di Geylang ni buanyaaaaakkkk ada kali 40 or 50 Lorong). Si empunya or lebih tepatnya pelayannya berwajah India/Pakistan/Bangladesh (haduuhhh soalnya sama). Mata saya sudah ijo ngeliat makanan khas Timur Tengah, ...saya yang pernah (Alhamdulillah) ke Mekkah jadi berliur-liur ngebayangin nostalgia cita rasa (halah!) Tapi... kali ini saya menahan hasrat itu, hey man, saya nak makan selera Malaysia or Singapore.

Well, menunya haduh.... buanyaaaakkkk, tapi sabar2,..mari kita lihat harga, huahahahhaha... maklum, liburan kali ini berbudget minim. So. tak payah lah nak makan mahal2. under $5 Singapore lah pak cik!
Saya, mami, papi pesan Nasi lemak $3.20 and teh tarik $0.90 (kita ordernya teh aja, eits jangan blg aja ya :D ), ayah pesan nasi Briyani $3.50 plus teh es $0.90 (teh tarik pake es), Tien pesen Nasi Briyani plus jus Apel $2.50 (kalo gak salah).
Menu minuman @ Warung India Muslim Lorong 12, Geylang

mejeng sebelum makan

depan hotel mo beli makan

Nasi Lemak + Teh tarik ku ;)

ayah masih nunggu Nasi Briyani

Tien & Mami, plus Nasi Briyani

Nasi Briyani yang super buanyakkkkk

Tien ini bersikeras nak pesan nasi goreng or mie goreng, si pelayan bilang nasi goreng adanya jam 6 sore.
Bener deh,..nasi lemaknya enak, ayam goreng warna merahnya juga enak, semua enak dan yang sampe sekarang masih kepingin teh tariknya luaaaaarrrr biasa sedeeeepppp..... sluurrrpppp
Nasi Briyani datang, huuuuaaahhhh buanyaaaakkkk bgt porsinya, ayam gorengnya guedeeee. Tien nyuap langsung nyerah, rasa jintennya memang cukup tajam, dari baunya aja udah berasa. Si ayah masih bisa makan tapi Tien langsung stop. Saya tau dia lapar, saya bagi aja nasi lemak saya tapi saya bilang, habisin aja ayam gorengnya. Untuk Ansar and Mitha, kita bungkusin Nasi Lemak.

Sampai di hotel, kita rest lagi, berhubung sudah sore. Mami and saya gantian mandi. Tien tak lain dan tak bukan, tepar tidur!!! Walau beda sejam, duluan Singapore ama WIB, tapi Maghribnya lumayan malam karena mataharinya tenggelamnya sekitar jam 18:50an baru gelap. Saya sholat Maghrib jam 19:10, karena takut gak pas mending saya lebihkan jamnya. Di depan Lorong 10 ada Masjid tapi gak denger suara adzan :((
Saya and mami crita2 khas ibu2... sambil nunggu bapak2 yang katanya mau ke Orchad Road. Saya tadi dah tanya Pak Leman, stasiun MRT terdekat dengan hotel mana. Beliau bilang dekat sekitar 15-20 menit jalan. hehehhee...bener sih, kalo yang jalan orang Singapore yang terbiasa cepet. Akhirnya jam 20:00 bapak2 ngajak jalan, Ansar and Mitha di bel gk nyaut juga, akhirnya kami berlima jalan. Biasa kamera gak boleh tinggal, untung malem jadi jalan yang sebenernya lumayan jadi gak berasa karena sambil foto2. hihihii....
mejeng nunggu MRT :p

Abis beli tiket

Kenapa mesin tiket dikerubutin gini?????

Nyampelah kita di stasiun MRT Kallang. Kita nanya ke informasi kalo mo ke Orchad gimana cara beli tiketnya?... Si mbak (kek di Jawa ajah), nyuruh kita langsung ke mesin tiket. Bisa beli tiket langsung, bukan EZlink or yang untuk turis itu. So kita ngerubung tu mesin, dimana yg lain rapih antri, ahahahahhaa.....
Pertama si ayah, pencet map, pilih Orchad, si mesin kasih tau tiketnya $1.40, masukin deh duit kertas $2, tiketnya keluar, trus koin kembalian yg $0.60 keluar deh. Wooooowwww, mesinnya pinter bangettt yaaa.... #norakdehgue
trus saya, Bismillah, tapi saya punyanya duit koin, dan saya masukin koin $0.50 dua, $0.20 dua dan sukses.... yang lain gak berani nyoba, ya sudah saya and ayah yg beliin tiket, secara saya seneng masukin koinnya..hihihihii
Dari stasiun Kallang (jalur hijau / East West Line) mau ke Orchad, kita ganti kereta di Stasiun City Hall (btw, pas di Changi, ambil deh Map Singapore yang gratisan itu. Ada peta MRT, info belanja, info wisata, etc. Berhubung kami kemaren pas mau Imlek, nuansa petanya Imlek) nyambung kereta jalur merah (North Suth Line). Sumpeh gampang booo, dari Kallang ke Orchad gak nyampe 15 menit padahal dah pindah 2 kereta. Dan melalui enam stasiun loh. Amannya lagi tiap mau nyampe stasiun di depan, ada announce. So kita bisa siap2 ke depan pintu biar gak ketinggalan. Pintu di buka paling 1 menit aja. Oia,...Kereta jalur merah yang ke Orchad penuuuuuuuhhhhh (or karena malem minggu ya?) Sampe deh di stasiun Orchad, yang atasnya Mall... kita mah gak mo masuk mall, nyari jalan Orchad boooo.... buat foto2... hihihihihi.... turis bangetttsss
Lagian no budget ini, walaupun ada tulisan SALE segede gambreng tetep mahaaallll buukkk!!!
pojokan Orchad Rd

sama mami, mejeng depan Mall

ayah and papi

cie.... eh, sepeda sapa tuh?????

Selesai foto2 and jalan2 kesasar, mo ke Lucky Plaza eh malah nembuh ke stasiun MRT. Dan mallnya juga irit jam masa jam 09:30 dah pada tutup. Ya wis, kita pulang... alamak janggg.... tu stasiun MRT dah kayak stasiun pas lebaran booo, puenuuuhhhh bangets. Kita berlima lari2 ngantri di mesin tiket. Abis tu nunggu keretanya, pertama lewat hadehhh gk da tempat, akhirnya kita nunggu kereta berikutnya, gak nyampe 5 menit dah mucul lagi keretanya, pas nunggu2, saya ngeliat kakek2 dengan seragam cleaning servis jalan bawa sapu dan serok plastik, jalannya seperti orang kena stroke, pelan2 banget, diem2 saya nyesek, umurnya sekitar 70tahun. Dia bersihin sampah yang berceceran (padahal di Singapore jarang saya lihat sampah, tapi biasanya turis yang nyampah). Ada sekumpulan anak muda Chinesse, kakek itu lewat mau ambil sampah yang diinjak salah satu dari remaja itu. Si kakek sopan blg, "Excuse me,......” dilanjutin bahasa China, dan remaja2 itu minggir tanpa peduli. Pengen saya timpuk pake bakiak tuh remaja2. Mbok ya senyum or apa gitu. Duhhh..sedih saya liatnya. Tapi memang sih, di Singapore, lanjut usia harus tetap kerja, karena biaya hidup di Singapore mahal. Kata Pak Leman, Pensiunan2 ini kerjanya ya macam cleaning servis yang paling banyak, or sopir, or jaga karcis, or bersihin toilet. Dan saya salut dengan semangat kerja lansia di Singapore. Pemerintah juga menjamin lowongan kerja itu ada. Saya bayangin Indonesia juga bisa kasih lapangan kerja untuk rakyatnya.. hey, di Singapore tu lansia juga bayar pajak loh. Pajaknya juga mahaaaaalllllll

Eh kok ngelantur.... balik ke kereta. Akhirnya kami sampai di Kallang lagi, suenenggg banget, sukses ngejajal MRT :) Dan karena malam minggu daerah Geylang rame banget, orang makan2...di sepanjang jalan. Tien dan ayah laper lagi, hedehhh...alhasil, kami ke warung muslim lagi, saya, mami, papi pesen teh tarik, ayah pesen nasi goreng seafood $5.40 plus teh obeng (es teh manis), Tien nasi goreng pedas plus jus.
Pelayannya kali ini kakek umur 68tahunan. Dia bisa cakap Malay. Si Tien ditegur sama si kakek karena ngotot pake bahasa Inggris,padahal si kakek bisa bahasa Malay..hihihihihiii... Si kakek ini nyodorin menu tanpa kertas lo, dia hafal pesanan kita. heibaaatttt.....

Abis selesai makan, kami balik ke hotel. Jalanan masih ramai, warung makan juga masih full. Meriah. Kami sempat mampir di toko kelontong buat beli cemilan. Harga cemilan, permen, air mineral lebih murah di toko kelontong dari pada 7eleven. Harga permen Clorets di toko kelontong $1.20 di 7Eleven $2.40... separohnya kan??? itu baru satu item, kalo kita beli banyak.... berapa duit ngiritnya?????
beli di toko kelontong

Sampai hotel jam 23 lewat, mata dah sepet, tapi bapak2 masih pengen ngobrol, hadehhh..... ya wis, saya shalat Isya dulu, yang lain ngobrol. Jam 00:45 an baru deh bubar. Haduhhh saya susah tidur neh,... padahal musti bangun pagi, berhubung besok acara full. Janjian ama pak Leman jam 08:30. Tau ndiri, orang Singapore selalu on time.

No comments:

Post a Comment